Wali Kota Pare Pare Serahkan LKPJ Tahun Anggaran 2020 ke DPRD

Ilustrasi Kantor DPRD Kota Parepare. (Foto: IJS)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jakarta – Pemerintah Daerah (Pemda) menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota (Walkot) Parepare Tahun Anggaran 2020 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyerahkan LKPJ kepada Ketua DPRD, Nurhatina Tipu dalam rapat paripurna agenda penyerahan LKPJ Walkot, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Parepare, Senin (29/3/2021).

Taufan mengemukakan, penyerahan LKPJ sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan kewajiban kepala daerah, yakni memberikan keterangan terkait LKPJ yang selambat-lambatnya diserahkan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir kepada DPRD.

Secara garis besar, LKPJ memuat informasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, sesuai diuraikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

“Juga termasuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 dan kebijakan tahunan daerah yang tertuang di dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas Plafon Anggaran (PPA) tahun 2020,” ujarnya, dikutip dari makassar.sindonews.com.

Sementara itu, Ketua DPRD Parepare, Nurhatina Tipu mengatakan, tujuan LKPJ ini untuk memenuhi prinsip akuntabilitas kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

“Sehingga masyarakat melalui DPRD, dapat melakukan penilaian terhadap kinerja Pemkot Parepare,” katanya.

Nantinya, DPRD akan memberi pandangan dan masukan, sekaligus melakukan perbaikan kekurangan, dalam rangka meningkatkan kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah Kota (Pemkot) di tahun berikutnya.

(Afg/IJS)

BACA JUGA :  DPRD Bekasi Desak Disnaker Runding Bareng Buruh Bahas UMSK

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga