Dirut BUMD Kosong, DPRD Desak Pemkot Surabaya Lakukan Pemilihan

Ilustrasi Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya, Mahfudz. (Foto: Hasil tangkap layar video kanal youtube Lensa Parlemen)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera melakukan pemilihan dan pelantikan pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Surabaya. Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi B DPRD Kota Surabaya Mahfudz jelang pelantikan Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Dia mengatakan, pengisian jabatan di BUMD adalah salah satu pekerjaan rumah besar Eri Cahyadi untuk lima tahun mendatang. Sebab, tanpa adanya direktur umum definitif di BUMD, perjalanan program BUMD dan Pemkot tak bisa cepat. Kemungkinan besar terhambat. Karena pelaksana tugas (Plt) tak bisa mengambil kebijakan yang setara dengan Dirut.

“Ini kan banyak BUMD yang kosong, cepat-cepat lah diisi. Kan katanya pemkot ingin ada akselerasi cepat dalam pembangunan Kota Surabaya. Maka salah satunya adalah pengisian jabatan pimpinan BUMD,” katanya, dikutip dari MEMORANDUM.co.id, Senin (22/2/2021).

Mahfudz menilai, banyaknya BUMD yang hanya diisi Plt ini tanda bahwa Pemkot Surabaya tak memiliki program yang apik terkait reformasi birokrasi dan regenerasi pimpinan.

Padahal selama ini, Pemkot Surabaya selalu membanggakan diri bahwa Kota Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

Karena itu, ia meminta Pemkot untuk segera melakukan pemilihan dan pelantikan dirut-dirut BUMD, agar perusahaan pelat merah itu bisa segera bekerja secara total untuk rakyat, dan memberi sumbangsih penuh secara dana kepada Pemkot Surabaya.

“Kami di DPRD mendorong untuk segera dilakukan pemilihan dan pelantikan. Apalagi kan beberapa saat lalu sudah ada nama-nama itu di meja kerja Tri Rismaharini. Namun, sampai jadi Menteri Sosial ya ndak ada pelantikan,” jelas Mahfudz.

Dia menegaskan, Surabaya butuh akselerasi di tengah pandemi dan BUMD ini harus bekerja total menyeluruh dengan gebrakan-gebrakan kebijakan dari Dirut.

(Afg/IJS)

BACA JUGA :  Dedi Sarankan Pemprov Bersiap Hadapi Banjir DKI

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga