Bustami Zainuddin: Nelayan Kecil Butuh Bantuan Saat Pandemi, Peran Perindo Diperlukan

Anggota Komite II DPD RI, Bustami Zainuddin (foto istimewa)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

LAMPUNG –  Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainuddin meminta kepada Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) untuk berkontribusi meningkatkan pendapatan nelayan kecil mandiri. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini yang sudah barang tentu sangat berdampak terhadap perekonomian mereka.

Hal itu ditambah parah dengan menurunnya bisnis perikanan sebanyak 9 persen selama tahun 2020. Hal ini mencakup penjualan ikan sebagaimana diungkap Perindo. “Kita berharap bisnis yang dijalankan Perindo mampu meningkatkan pendapatan para nelayan kecil mandiri. Mereka mendapatkan ikan lebih sedikit karena peralatan yang terbatas,” tutur Bustami dalam keterangan resminya, Selasa (23/2/2021).

Selain itu, mantan Bupati Waykanan Lampung itu juga mendorong lahirnya regulasi sebagai dasar bagi nelayan kecil untuk meningkatkan pendapatan mereka. “Saya berharap ada regulasi yang mengatur sehingga nelayan kecil dapat meningkatkan hasil tangkapannya. Nelayan kecil ini lebih membutuhkan bantuan di tengah pandemi seperti saat ini,” kata dia.

Bustami meminta kontribusi Perindo untuk dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil yang bergerak pada unit paling depan. “Kita berharap Perindo dapat berkolaborasi dengan nelayan kecil agar kehidupan mereka dapat terangkat,” harap Bustami.

Perusahaan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) mencatatkan proyeksi penjualan sepanjang 2020 turun 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun penjualan tahun 2020 sebesar Rp447,9 juta yang ditopang melalui berbagai lini bisnis Perum Perindo.

Direktur Operasional Perum Perindo, Raenhat Tiranto Hutabarat mengatakan, dari produksi, ada lini bisnis yang meningkat dari segi kuantitas dibanding tahun 2019 seperti cold storage, jasa penyediaan air, BBM, perdagangan, penangkapan ikan budidaya, pabrik pakan dan pasar ikan modern.(*)

BACA JUGA :  Bustami Zainuddin Minta Produktivitas Pertanian Ditingkatkan Agar Perekonomian Terus Berputar

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga